Halloween party ideas 2015
Zona Offroad Bandung

Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Program Employee Gathering dan Outing


Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Program Employee Gathering dan Outing


Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Program Employee Gathering dan Outing


Anda mungkin sedang mencari perbedaan employee gathering dan outing jika sedang membaca artikel ini. Perbedaan keduanya memang cukup membingungkan, dan secara harafiah keduanya memiliki arti yang sama dan tidak terlalu berbeda satu dengan yang lainnya. Entah employee gathering dan juga outing sebenarnya memiliki satu tujuan yang sama yaitu mengurangi stress kerja yang dialamai setiap karyawan dan juga pegawai selama dia bekerja. Diharapkan dengan dua kegiatan ini para pegawai bisa kembali bekerja dengan semangat dan menghasilkan pekerjaan yang maksimal dan juga optimal.

Nah, kita akan membahas mengenai pengertian employee gathering dan juga outing, dan juga memberikan perbedaan dari kedua jenis kegiatan ini.


Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Program Employee Gathering dan Outing


Pengertian Employee Gathering


Employee gathering adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan mengembangkan kekompakan sebuah tim dan pegawai di perusahaan. Walaupun kenyataan di lapangan, employee gathering dijadikan sebagai ajang untuk piknik, dan kegiatan hiburan lainnya, tapi di dalam kegiatan employee gathering ini biasanya diselipkan berbagai kegiatan yang ditujukan untuk kegiatan team building.

Employee gathering ini sangatlah erat hubungannya dengan pengembangan skill yang biasanya berhubungan dengan sofskill seperti inisiatif, kerjasama tim, komunikasi, dan juga soft skill lainnya. Employee gathering juga biasanya diadakan dalam waktu yang cukup lama mungkin lebih dari satu hari, bisa 2 hari atau 3 hari.


Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Program Employee Gathering dan Outing


Pengertian Outing


Outing adalah kegiatan yang dilakukan kelompok orang untuk mencari hiburan biasanya setelah selesai melakukan pekerjaan mereka.  Selain hiburan outing juga bisa dilakukan untuk mencari pengalaman baru dan hiburan yang mendidik. Outing biasanya dilakukan oleh kelompok kecil tim yang ada di sebuah kantor, tanpa campur tangan perusahaanEvent outing ini juga digunakan oleh beberapa orang sebagai acara menyambut kolega atau rekan kerja baru atau perpisahan rekan kerja.

Outing lebih bersifat personal dengan acara yang lebih informal atau tema bebas, tanpa harus memiliki makna. Tapi harus diakui bahwa outing ini juga penting untuk menumbuhkan chemistry atau hubungan di dalam sebuah tim. Dengan mengikuti outing sendiri akan muncul hubungan yang bisa menguntungkan dalam pekerjaan nantinya.

Perbedaan Employee Gathering dan Outing Yang Wajib Diketahui


Setelah mengetahui pengertian dari employee gathering dan juga outing, selanjutnnya kita akan menuju ke perbedaan antara keduanya. Berikut ini perbedaan antara Employee Gathering dan Outing.

Tujuan Kegiatan


Kedua kegiatan ini sama – sama ditujukan sebagai hiburan dan juga mengatasi stress kerja yang sering terjadi setelah bekerja seharian atau berhari – hari. Dengan melakukan kegiatan menyenangkan akan membuat badan dan pikiran kita menjadi refresh. Perbedaan utama dari keduanya adalah biasanya employee gathering memiliki kegiatan yang membangun softskill, yang bisa membantu pekerjaan selanjutnya.

Outing tidaklah harus diselipi dengan kegiatan seperti itu, kegiatan outing adalah lebih ke komunikasi antar team setelah melakukan pekerjaan yang melelahkan, bahkan beberapa group atau kelompok yang melakukan outing tidak membahas mengenai pekerjaan. Outing, biasanya lebih ke pertemuan rekan kerja secara kasual dan tidak terlalu resmi.

Waktu Kegiatan


Perbedaan kedua antara employee gathering dan juga outing adalah waktu kegiatan. Biasanya waktu kegiatan untuk employee gathering minimal adalah seharian full. Susunan acara dari employee gathering cukup banyak, karena terdapat berbagai kegiatan yang harus dilakukan secara terstruktur. Bahkan di beberapa perusahaan ada yang sampai mengadakan employee gathering hingga tiga hari.

Berbeda dengan Outing, kegiatan yang satu ini bisa dilakukan kapan saja, dalam waktu yang singkat. Memang ada outing yang bisa dilakukan selama berhari – hari namun biasanya kegiatan yang satu ini sangat umum dilakukan saat jam kerja berakhir.

Isi Kegiatan


Kegiatan employee gathering biasanya berisi berbagai game yang mengadalkan kerjasama, inisiatif, dan pemecahan masalah yang dikemas dengan sedimikian rupa sehingga bisa menumbuhkan kreatifitas. Berbagai kosep employee gathering sudah sangat terkenal dan juga memiliki nilai yang sangat positif untuk perusahaan. Sedangkan untuk outing sendirii memiliki acara dan kegiatan yang cukup ringan dan tidak terlalu serius.


Pengertian, Perbedaan, dan Contoh Program Employee Gathering dan Outing


Kesimpulan


Baik employee gathering maupun outing sama – sama memiliki kelebihan yang kurang lebih hampir sama. Tujuan dari kedua kegiatan ini juga sejalan dengan dampak positif yang akan didapatkan. Jadi tidak perlu khawatir, mengadakan kedua atau salah satu kegiatan ini tidak akan membuat perusahaan, anda, dan juga rekan anda mengalami kerugian. Ada baiknya jika mengadakan kegiatan seperti ini kalau memang perlu diadakan.

Topik: Contoh, Outing, Pengertian, Perbedaan

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.