Halloween party ideas 2015
Zona Offroad Bandung

Simak Perbedaan Antara Gathering, Outing, Dan Outbond Berikut Ini! Zona Offroad Bandung



Simak Perbedaan Antara Gathering, Outing, Dan Outbond Berikut Ini! Zona Offroad Bandung



Saat ini seringkali kita jumpai kerancuan akan penggunaan istilah GatheringOutbond dan Outing.  Padahal ketiga istilah tersebut memiliki makna yang berbeda satu sama lain.

 Berikut ulasan perbedaan tentang Gathering, Outing, dan Outbound.


1.  Gathering


Gathering merupakan suatu  kegiatan untuk keluarga besar, komunitas ataupun perusahaan yang diadakan pada waktu tertentu di satu lokasi baik di dalam maupun luar ruangan dengan tema yang telah disepakati, guna menjalin tali silaturahmi, membangun keakraban dan rasa kekeluargaan. Kegiatan ini secara fisik, pikiran, dan emosional tidak terlalu berat. Lebih dominan kepada unsur hiburan. Seperti misalnya bersama-sama berkunjung ke wahana wisata tertentu, makan bersama ditambah dengan hiburan musik, artis, ataupun permainan yang menyenangkan, dan lain sebagainya. Aktivitas yang dilakukan lebih tertuju pada aspek menyenangkan sehingga tidak membutuhkan persiapan khusus.


Simak Perbedaan Antara Gathering, Outing, Dan Outbond Berikut Ini! Zona Offroad Bandung



Dilingkup perusahaan, gathering biasanya dibedakan lagi menjadi Employee GatheringFamily Gathering, dan Customer GatheringEmployee Gathering merupakan gathering yang diadakan perusahaan untuk seluruh karyawan yang bekerja ditempat tersebut. Family gathering ditujukan untuk seluruh karyawan beserta dengan keluarganya. Sementara, Customer Gathering diadakan untuk mengumpulkan seluruh rekanan atau vendor yang telah menjalin kerjasama dengan perusahaan tersebut. Gathering sangat tepat diadakan  baik untuk perusahaan besar maupun perusahaan kecil sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap para karyawan, keluarga dan rekanan atau koleganya. Gathering juga merupakan suatu cara untuk bersama-sama rileks sejenak dari kepadatan rutinitas kerja dan menjalin keakraban satu sama lain sehingga terbangun suasana yang kondusif.

2.  Outing


Outing merupakan suatu kegiatan atau permainan yang diselenggarakan suatu komunitas atau perusahaan dan bertempat  di luar ruangan atau dialam terbuka. Outing dan Gathering sama-sama tidak terlalu berat secara fisik, pikiran dan emosional. Bersifat menyenangkan dengan bertujuan sebagai sarana hiburan dan rekreasi untuk meningkatkan keakraban. Kegiatannya diisi dengan berbagai permainan. Hanya saja kegiatan Outing sudah pasti dilakukan ditempat terbuka, biasanya dialam pegunungan.



Simak Perbedaan Antara Gathering, Outing, Dan Outbond Berikut Ini! Zona Offroad Bandung


3.  Outbond


Outbond merupakan kegiatan atau permainan yang diselenggarakan suatu komunitas atau perusahaan, dan bertempat  di luar ruangan atau di alam terbuka yang bertujuan untuk mengubah watak atau karakter pesertanya menjadi lebih baik atau positif.  Outbond sifatnya lebih kompleks, karena memerlukan suatu pelatihan yang membutuhkan aktivitas fisik, pikiran dan emosional yang lebih dibandingkan dengan Gathering dan Outing. Outbond  juga membutuhkan waktu yang lebih lama. Pada kegiatan Outbond, peserta dilatih untuk dapat meningkatkan kemandirian, empati, teamwork, komunikasi, kepemimpinan, kesabaran, manajerial, dan lain sebagainya. Setelah melakukan outbond, terdapat poin-poin  yang harus dicapai para peserta, yakni perubahan sikap dan karakter yang lebih baik daripada sebelum melakukan outbond. Misalnya menjadi lebih kreatif, disiplin, dan lain sebagainya.


Simak Perbedaan Antara Gathering, Outing, Dan Outbond Berikut Ini! Zona Offroad Bandung



Ada beberapa jenis permainan atau games dalam Outbound, antara lain permainan strategi,  brain gamesfun gamesice breaking,  team buliding, dan lain-lain.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.